Tuesday, March 25, 2014

Majelis Taklim Adalah Lembaga Pendidikan Islam


Ibu-ibu anggota majelis taklim (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN – Majelis taklim memiliki peran besar dalam membangun masyarakat berislam yang baik dan benar. Majelis taklim diharapkan mengambil peran memperbaiki kualitas umat Islam di Indonesia yang belakangan ini dinilai hidup tidak sesuai dengan syariat. 

"Majelis taklim itu lembaga pendidikan Islam," ujar Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali dalam Pelantikan Pengurus Asosiasi Majelis Taklim Indonesia (AMT) Sumatra Utara (Sumut) Periode 2013-2016 di Asrama Haji Medan, Jumat (21/3). 

Menag berpesan kepada seluruh komponen majelis taklim, bahwa mereka merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam nonformal. Menurutnya, kelompok-kelompok majelis taklim  yang terdiri dari kumpulan keluarga Muslim, perlu menegaskan bahwa Islam Indonesia adalah Islam yang toleran. 

"Karena itu, kaum ibu di majelis taklim memiliki peran yang besar menjadikan generasi muda Islam yang unggul pada 10-20 tahun mendatang. Peran penting ini seperti pentingnya peran lembaga pendidikan Islam," tegasnya.
 
Ketua Umum Pimpinan Pusat AMT Tuty Alawiyah mengatakan, majelis taklim adalah salah satu penolong agama Allah di tengah masyarakat Islam yang semakin haus nilai spiritual saat ini. 

Karena itu, ia berharap dengan semakin tersebarnya majelis taklim di seluruh pelosok daerah, syiar Islam yang rahmatan lil alamin ini terus terjaga. Dan salah satu perannya ada pada AMT di Sumut.
◄ Posting Baru Posting Lama ►